PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA
PENGARUH
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER
TERHADAP
HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN
KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA
Hamela Sari Sitompul
Juruasan Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan,
Jl.Willem Iskandar Psr V
Medan, Sumatra Utara, Indonesia, 20221
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah
pembelajaran learning
cycle terintegrasi pendidikan karakter memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap peningkatan hasil belajar kimia
siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lubuk Pakam yang terdiri atas 3 kelas. Pengambilan
sampel penelitian
diambil secara purposif yang
terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi
pembelajaran learning
cycle terintegrasi pendidikan karakter dan pada kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji persyaratan
data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas
kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam
(homogen). Berdasarkan data gain ternormalisasi, besar peningkatan hasil
belajar yang menggunakan pembelajaran learning
cycle terintegrasi pendidikan karakter adalah 70% dan peningkatan hasil
belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 54%. Besarnya
perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa adalah 16%. Hasil pengujian hipotesis,
diperoleh thitung > ttabel
dengan menggunakan uji t pihak kanan yaitu 5,56> 1,6671 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha
diterima, dimana Hubungan nilai hasil belajar siswa dengan nilai karakter siswa
pada model pembelajaran learning cycle terintegrasi
pendidikan karakter ada korelasi positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat
dari nilai rhit>rtabel pada α = 0,05 dan juga dapat dilihat
dari nilai karakter siswa yang tinggi dan nilai hasil belajar siswa juga
tinggi. Berbeda dengan pembelajaran konvensional yang nilai hasil belajar
dengan nilai karakter siswa rendah.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Learning Cycle, Kimia
Jurnal Lengakap di https://www.academia.edu/36369381/Pengaruh_Penerapan_Model_Learning_Cycle_terintegrasi_Pendidikan_Karakter
Komentar
Posting Komentar