SAP MANAJEMEN LABORATORIUM KESEHATAN

GBPP, SILABUS DAN SAP Program Studi : Analisi Kesehatan Kode Mata Kuliah : LP 504 Nama Mata Kuliah : Manajemen Laboratorium Kesehatan Jumlah SKS : 2 SKS Semester : V (Lima) Mata Kuliah Prasyarat : - DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah ini akan memberikan bekal mahasiswa untuk mengenal, mengetahui, dan memahami dalam melakukan kegiatan di laboratorium Kesehatan. Dalam mata kuliah ini akan memberikan bekal mahasiswa dalam mengelola laboratorium yang meliputi; pengenalan alat laboratorium, pengenalan dan penanganan bahan kimia, manajemen laboratorium, keselamatan dan keamanan laboratorium, cara kerja laboratorium, pengenalan alat laboratorium. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM Setelah mengikuti mata kuiah ini diharapkan mahasiswa mampu memanajmen laboratorium kesehatan dan memahami alat dan bahan di laboratorium kesehatan seta cara penanganan bahan kimia, keselamatan dan keamanan kerja di labratorium kesehatan dan cara kerja di laboratorium kesehatan. DAFTAR PUSTAKA Koesmadji Wirjosoemarto, dkk, 2000, Teknik Laboratorium, Jurusan Pendidikan Kesehatan, FMIPA UPI Bandung. Widjoyo Parjatmo, dkk, 1993, Panduan Ketrampilan Kerja Laboratorium. Jurusan Kesehatan FMIPA ITB, Bandung SILABUS Standar Kompetensi : 1. Mahasiswa mampu memahami Pengenalan alat laboratorium, penanganan bahan kimia yang ada di laboratorium. Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Ajar Alokasi Waktu Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran Penilaian Hasil 1.1 Memahami pengertian, fungsi dan tujuan manajemen laboratorium 1.2 Mendeskripsikan Pengenalan alat laboratorium 1.3 Memahami penanganan bahan kimia yang ada di laboratorium Mendeskipsikan : 1. Pengertian manajemen laboratorium 2. Fungsi manajemen laboratorium 3. Tujuan manajemen laboratorium Menjelaskan Pengenalan alat laboratorium Menjelaskan penanganan bahan kimia Melalui diskusi menggunakan strategi power of two membahas pengertian, fungsi dan tujuan manajemen laboratorium Melalui presentasi di depan kelas mendiskusikan Pengenalan alat laboratorium Mendiskusikan penanganan bahan kimia manajemen labo ratorium Pengenalan alat laboratorium penanganan bahan kimia 2 x 50’ 2 x 50’ 2 x 50’ - LCD, OHP, Media sebenarnya, gambar, white board. Spidol warna. - Koesmadji Wirjosoemarto, dkk, 2000, Teknik Laboratorium, Jurusan Pendidikan Kesehatan, FMIPA UPI Bandung. - Widjoyo Parjatmo, dkk, 1993, Panduan Ketrampilan Kerja Laboratorium. Jurusan Kesehatan FMIPA ITB, Bandung Pertanyaan lisan, pretest Standar Kompetensi: 2. Mahasiswa mampu memahami desain, manajemen pengelolaan, keselamatan dan keamanan laboratorium Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Ajar Alokasi Waktu Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran Penilaian Hasil 2.1 Memahami Peranan laboratorium dalam pembelajaran, desain dan fasilitas laboratorium 2.2 Memahami Personal, anggaran dan inventarisasi alat dan bahan laboratorium 2.3 Memahami keselamatan dan keamanan laboratorium Menjelaskan Peranan laboratorium dalam pembelajaran, desain dan fasilitas laboratorium Menjelaskan Personal, anggaran dan inventarisasi alat dan bahan laboratorium Menjelaskan keselamatan dan keamanan laboratorium Mengkaji buku teks dengan diskusi tentang Peranan laboratorium dalam pembelajaran, desain dan fasilitas laboratorium Melalui diskusi kelompok membahas Personal, anggaran dan inventarisasi alat dan bahan laboratorium Mendeskripsikan sedikitnya 10 contoh keselamatan dan keamanan laboratorium Pengelolaan laboratorium Pengelolaan laboratorium keselamatan dan keamanan laboratorium 2 x 50’ 2 x 50’ 2 x 50’ - LCD, OHP, Media sebenarnya, gambar, white board. Spidol warna. - Koesmadji Wirjosoemarto, dkk, 2000, Teknik Laboratorium, Jurusan Pendidikan Kesehatan, FMIPA UPI Bandung. - Widjoyo Parjatmo, dkk, 1993, Panduan Ketrampilan Kerja Laboratorium. Jurusan Kesehatan FMIPA ITB, Bandung Pertanyaan lisan, Standar Kompetensi : 3. Mahasiswa mampu mengintepretasikan cara kerja di laboratorium Kesehatan Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Ajar Alokasi Waktu Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran Penilaian Hasil 3.1 Memahami pengenalan bahan, menuangkan bahan, menimbang bahan 3.2 Mendeskripsikan pengukuran volume bahan cair, menyaring, memanaskan dan mensterilkan bahan Menjelaskan pengenalan bahan, menuangkan dan menimbang bahan. Menjelaskan pengukuran volume bahan cair, menyaring, memanaskan dan mensterilkan bahan Menjelaskan macam-macam bahan yang digunakan dalam praktikum Kesehatan Mempraktikan menuang dan menimbang bahan Mempraktekan pengukuran volume bahan cair, menyaring, memanaskan dan mensterilkan bahan Bahan-bahan praktikum Bahan-bahan praktikum 2 x 50’ 2 x 50’ - LCD, OHP, Media sebenarnya, gambar, white board. Spidol warna. - Koesmadji Wirjosoemarto, dkk, 2000, Teknik Laboratorium, Jurusan Pendidikan Kesehatan, FMIPA UPI Bandung. - Widjoyo Parjatmo, dkk, 1993, Panduan Ketrampilan Kerja Laboratorium. Jurusan Kesehatan FMIPA ITB, Bandung Pertanyaan lisan, Kehadiran dan kinerja praktik Standar Kompetensi : 4. Mahasiswa mampu memahami larutan dan pereaksi yang digunakan dalam praktikum Kesehatan. Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Ajar Alokasi Waktu Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran Penilaian Hasil 4.1 Memahami larutan baku dan pereaksi Menjelaskan pengertian larutan, larutan baku primer dan sekunder dan beberapa contoh larutan baku Menjelaskan konsentrasi larutan, satuan persen, molaritas, normalitas Menjelaskan pereaksi, pereaksi umum dan khusus dan pewarna Melalui diskusi dan kerja kelompok menjabarkan larutan baku Mengkaji buku teks tentang larutan, konsentrasi dan pereaksi larutan baku konsentrasi pereaksi 4 x 50’ - LCD, OHP, Media sebenarnya, gambar, white board. Spidol warna. - Koesmadji Wirjosoemarto, dkk, 2000, Teknik Laboratorium, Jurusan Pendidikan Kesehatan, FMIPA UPI Bandung. - Widjoyo Parjatmo, dkk, 1993, Panduan Ketrampilan Kerja Laboratorium. Jurusan Kesehatan FMIPA ITB, Bandung Pertanyaan lisan, Tugas membuat larutan Standar Kompetensi : 5. Mahasiswa mampu memahami penggunaan dan cara kerja alat-alat laboratorium Kesehatan Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Ajar Alokasi Waktu Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran Penilaian Hasil 5..1 Memahami penggunaan Mikroskop 5.2 Memahami pengenalan alat-alat laboratorium Menjelaskan pemakaian mikroskop yang benar Menjelaskan 1. identifikasi alat-alat listrik 2. Penggunaan alat 3. Pemeliharaan dan penyimpanan Mengenal fungsi bagian-bagian mikroskop, Mengoperasikan penggunaan mikroskop Mempraktikan penggunaan alat Mendiskusikan pemeliharaan dan penyimpanan dengan mengkaji buku-buku literatur. Cara kerja Mikroskop pengenalan alat-alat laboratorium 2 x 50’ 2 x 50’ - LCD, OHP, Media sebenarnya, gambar, white board. Spidol warna. - Koesmadji Wirjosoemarto, dkk, 2000, Teknik Laboratorium, Jurusan Pendidikan Kesehatan, FMIPA UPI Bandung. - Widjoyo Parjatmo, dkk, 1993, Panduan Ketrampilan Kerja Laboratorium. Jurusan Kesehatan FMIPA ITB, Bandung Pertanyaan lisan, Kehadiran dan kinerja praktik Standar Kompetensi : 6. Mahasiswa mampu memahami cara kerja alat-alat laboratorium Kesehatan Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Ajar Alokasi Waktu Alat/Bahan/Sumber Pembelajaran Penilaian Hasil 6.1 Memahami penggunaan hemasitometer, hematokrit, hemometer, alat ukur okihemoglobin, spektrofotometer, fotomikrografi Menggunakan pearalatan laboratorium dengan baik dan benar Mengenal fungsi bagian-bagian peralatan laboratorium, Mengoperasikan penggunaan bagian peralatan laboratorium, Mempraktikan penggunaan alat Mendiskusikan pemeliharaan dan penyimpanan dengan mengkaji buku-buku literatur. alat-alat laboratorium 4 x 50’ - LCD, OHP, Media sebenarnya, gambar, white board. Spidol warna. - Koesmadji Wirjosoemarto, dkk, 2000, Teknik Laboratorium, Jurusan Pendidikan Kesehatan, FMIPA UPI Bandung. - Widjoyo Parjatmo, dkk, 1993, Panduan Ketrampilan Kerja Laboratorium. Jurusan Kesehatan FMIPA ITB, Bandung - Peralatan laboratorium Pertanyaan lisan, Kehadiran dan kinerja praktik SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) Tatap Muka ke- Kompetensi Dasar Materi pokok Strategi Perkuliahan Sumber Bahan / Referensi 1 Pendahuluan (pengenalan, kontrak kuliah) Pendahuluan Ceramah 2-3 1.1 Memahami pengertian, fungsi dan tujuan manajemen laboratorium 1.2 Mendeskripsikan Pengenalan alat laboratorium 1.3 Memahami penanganan bahan kimia yang ada di laboratorium Manajemen laboratorium Pengenalan alat laboratorium Penanganan bahan kimia Ceramah diskusi tanya jawab informasi 1, 3, 4, 8 4-5 2.1 Memahami Peranan laboratorium dalam pembelajaran, desain dan fasilitas laboratorium 2.2 Memahami Personal, anggaran dan inventarisasi alat dan bahan laboratorium 2.3 Memahami keselamatan dan keamanan laboratorium Pengelolaan laboratorium Pengelolaan laboratorium keselamatan dan keamanan laboratorium Ceramah diskusi tanya jawab 1, 3, 4, 8 6-7 3.1 Memahami pengenalan bahan, menuangkan bahan, menimbang bahan 3.2 Mendeskripsikan pengukuran volume bahan cair, menyaring, memanaskan dan mensterilkan bahan Bahan-bahan praktikum Bahan-bahan praktikum Informasi tanya jawab 1, 3, 4, 8 8 UTS 9-10 4.1 Memahami larutan baku dan pereaksi Larutan baku konsentrasi pereaksi Ceramah diskusi tanya jawab 1, 3, 4, 8 11-12 5.1 Memahami penggunaan Mikroskop 5.2 Memahami pengenalan alat-alat laboratorium Cara kerja Mikroskop pengenalan alat-alat laboratorium Ceramah tanya jawab 1,3, 4, 8 13-15 6.1 Memahami penggunaan hemasitometer, hematokrit, hemometer, alat ukur okihemoglobin, spektrofotometer, fotomikrografi Alat-alat laboratorium Ceramah diskusi tanya jawab informasi 1, 3, 4, 8 16 UAS VI. Evaluasi Proses Belajar Untuk mengevaluasi hasil proses pembelajaran, maka evaluasi akan dilakukan dengan menggunakan rumusan dan prosentase sebagai berikut : a. Quiz : 10 % b. Tugas : 10 % c. U T S : 30 % d. U A S : 50 % Total : 100 % VII. Ketentuan Evaluasi Proses Pembelajaran a. Kehadiran minimal 75 % dan sekaligus merupakan syarat untuk dapat mengikuti Ujian (UTS dan UAS) b. Quiz akan dilakukan pada 10 menit pertama perkuliahan, baik diberitahukan terlebih dahulu maupun tidak. Keterlambatan kehadiran sehingga tidak dapat mengikuti Quiz menjadi resiko yang harus ditanggung sendiri oleh mahasiswa. Tidak diadakan Quiz susulan maupun tambahan waktu. Bahan Quiz adalah materi perkuliahan sebelumnya. c. Aktivitas kelas adalah berupa pengerjaan soal-soal latihan, baik individu maupun per kelompok yang akan diadakan sepanjang perkuliahan. Untuk itu, selama perkuliahan berlangsung diharuskan memegang buku referensi yang dianjurkan. d. Tugas terstruktur akan diberikan sebelum mengikuti UTS dan UAS. Tugas Terstruktur I dikumpulkan sebelum pelaksanaan UTS. Tugas Terstruktur II dikumpulkan sebelum pelaksanaan UAS Tugas yang dikumpulkan melebihi batas waktu yang ditentukan, tidak akan diberi nilai. Karenanya, keterlambatan pengumpulan tugas menjadi resiko yang harus ditanggung oleh mahasiswa bersangkutan. e. Ujian Tengah Semester diadakan secara mandiri oleh dosen, sedangkan Ujian Akhir Semester dilakukan sesuai dengan jadual dari Jurusan. Kecurangan dan ketidakjujuran dalam UTS dan UAS adalah tindakan Indisiliner yang akan dihargai dengan nilai maksimal E f. Ujian Susulan (baik UTS maupun UAS ) hanya dapat diperkenankan bila memiliki bukti dan alasan yang kuat, serta memperoleh rekomendasi dari Jurusan. Mengetahui, Pematang Raya, Oktober 2016 Ka Prodi Analis Kesehatan Dosen Mata Kuliah, Toberni S. Situmorang, S.Si., M.Si Hamela Sari Sitompul, S.Pd., M.Pd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Mengelola Laboratorium Kimia

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA

RPP Hukum Dasar Kimia