SILABUS BIOKIMIA - S1 FARMASI
SILABUS DAN SAP MATA KULIA BIOKIMIA
Program Studi : S-1 FARMASI Kode Mata Kuliah : 263
Jadwal Kuliah : Selasa Pukul : 15.00 – 17.00
Nama Mata Kuliah : Biokimia Tempat : RB 08
Dosen : Hamela Sari Sitompul, M.Pd Jumlah SKS Semester : 2 / Ganjil
Pada saat ini, kami mahasiswa program setudi Farmasi universitas efarina, menyatakan akan memenuhi beberapa kesepakatan dengan Dosen peengampu dalam pelaksanaan perkuliahan tersebut diatas:
I. Hak dan kewajiban selama perkuliahan :
Hak dosen Hak mahasiswa
Menyampaikan materi kuliah secara bebas sesuai etika keilmuan Mengemukakan pendapat sesuai norma akademik dalam perkuliahan
Mendapatkan perlakuan hormat dan santun dari mahasiswa Mendapatkan pelayanan akademik dalam suasana santun berdasarkan etika keilmuan
Memberikan penilaian atas hasil belajar sesuai aturan yang berlaku Mendapatkan hasil belajar berdasar kriteria penilaian yang berlaku
Kewajiban dosen Kewajinban mahasiswa
Melaksanakan pembelajaran sesuai yang ditugaskan oleh yayasan secara teratur dan berdisiplin Menjaga nama baik prodi dan yayasan serta menjunjung tinggi etika keilmuan
Melaksanakan evaluasi hasil belajar dan mengumumkannya secara terbuka Memenuhi tagihan tugas-tugas dan ujian yang diberikan dosen.
Hadir tepat waktu dalam jumlah pertemuan yang ditetapkan yayasan. Hadir tepat waktu sesuai jadwal kuliah yang ditetapkan, kecuali ada perubahan oleh dosen.
II. Perjanjian dan komitmen :
Mahasiswa hadir tepat waktu, dan toleransi keterlambatan hanya 15 menit. Jika mahasiswa terlambat akan diberi sanksi
Persentase kehadiran untuk dapat mengikuti ujian dan atau diikutsertakan dalam evaluasi akhir dan atau formatif adalah minimal 75 %.
Dosen dan mahasiswa wajib berpenampilan rapi selama perkuliahan.
Ruang kuliah harus dijaga kebersihannya, termasuk white-board dan kelengkapannya
Softskill minimal yang harus dimiliki mahasiswa selama perkuliahan ini adalah : berkomunikasi dengan baik, jujur, kerjasama, bertanggungjawab, kerja keras, budaya ilmiah, inovatif, kreatif dan deep analysis.
Jumlah tugasyang harus dikerjakan berupa paper yang harus dikerjakan minimal 3 jenis yakni : 1 jenis tugas pribadi (setiap topik perkuliahan) ; paper kelompok hasil mini riset dan satu hasil analisis jurnal (studi literatur) dan tugas lainnya sesuai tagihan dan diskusi
Batas waktu penyerahan tugas : tugas pribadi (setiap pertemuan) , tugas analisis jurnal pertemuan ke 4 hasil mini riset pada pertemuan 6 dan pertemuan 14. Dalam bentuk hard dan soft copy.
Tugas tugas akan dipresentasikan.
Penilaian akhir hasil belajar ditetapkan sebagai berikut: (1) pemenuhan atas tugas diatas berupa NF-1 dan NF-3. (2) hasil ujian/ aktifitas dalam presentasi, diadaptasikan dalam NF-2 (3) kehadiran dan disiplin , diadaptasikan dalam NF-4.
Selama perkuliahan HP di-non aktifkan.
III. Atribut Softskill :
Berfikir kritis, analisis, bertanggung jawab, memiliki budaya ilmiah , kreatif dan inovatif, mampu menjelaskan, mampu bekerjasama secara sistematis, mampu memprediksi, peka melihat masalah, mampu mencari informasi baru, kemampuan interpretasi, terlatih menyelesaikan masalah, kemandirian, menghasilkan projek efisien, mampu bekerjasama.
IV. Ikatan batin antara dosen dan mahasiswa
Selama perkuliahan ini berlangsung interaksi antara dosen dan mahasiswa dapat dilakukan secara terbuka, personal maupun kelompok, baik dalam kelas maupun diluar kelas. Ini dimaksudkan agar para mahasiswa dapat secara terbuka mengutarakan masalah atau kendala yang dihadapi.
Demikian Kontrak Kuliah ini kami buat bersama tanpa ada paksaan oleh pihak manapun. Kontrak kuliah ini akan dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan perkuliahan dan bilamana ada hal-hal yang belum termuat dalam kontrak ini tetap dianggap perlu, maka dapat dilaksanakan atas kesepakatan bersama.
V. Sumber belajar
1. Mary K. Campbell and Shawn O.Farrell, Biochemistry, 7th Ed.
2. Amstrong, F.B. 1989.Biochemistry (Edisi ke-3), Oxford University Press. New York.
3. Harper, H.A. 1990. Physiological of Biochemistry, Lange Medical Publication, California.
4. Poedjiadi, A. 1994. Dasar-Dasar Biokimia. Universitas Indonesia Press. Jakarta.
5. Iskandar, Y. 1974. Biokimia Bagian I (Edisi Ke-8). Yayasan Dharma Graha. Jakarta.
6. Girindra, A. 1990. Biokimia I. PT. Gramedia. Jakarta.
7. Terbitan instansi pemerintah maupun swasta
8. Jurnal terkait, baik online maupun cetak
9. Hasil penelitian kimia dalam dunia medis
10. Standar departemen kesehatan.
11. Internet
12. Lapangan
SILABUS
MATA KULIAH BIOKIMIA
Program Studi : FARMASI
Kode Mata Kuliah : 263
Nama Mata Kuliah : Biokimia
Jumlah SKS : 2 (1 SKS Praktikum)
Semester : 1
Deskripsi Mata Kuliah : Kuliah ini dirancang untuk memperkenalkan mahasiswa kepada prinsip-prinsip struktur molekul dan proses biokatalisis sebagai dasar penting pada terapi obat, keamanan dan efektivitasnya, sehingga dapat memahami cara kerja dan disposisi obat di dalam tubuh. Mahasiswa juga diharapkan mampu memahami mekanisme bioenergetika dan metabolisme, sehingga dapat memahami proses terjadinya resistensi dan tolerasi tubuh terhadap obat. Pemahaman yang baik tentang metabolisme xenobiotik di dalam hati dan jaringan lainnya membuka wawasan tentang keberhasilan atau kegagalan pengobatan pasien tertentu. Mahasiswa juga perlu memahami mekanisme kerja senyawa yang bersifat racun agar mampu menerapkan strategi penyembuhan secara rasional yang mengurangi dan menghindari akibat terapi yang tidak dikehendaki.
Mata kuliah ini membahas pemahaman biokimia, organisasi sel, dan peran air; Asam amino dan peptida; Struktur peptida dan peran fisiologinya; Senyawa peptida spesifik; Struktur protein dan peran fisiologinya; Mioglobin dan hemoglobin; Siklus asam sitrat; Biokatalisis dan kinetika enzim; Inhibisi enzim; Protease; Vitamin dan koenzim; Energetika dan peran monosakarida; Metabolisme; Glikolisis, regulasi enzimatik dan hormonal; Transpor elektron dan fosforilasi oksidatif; Membran biologi dan struktur lipid; Pencernaan dan absorpsi lipid; Sintesis dan oksidasi lipid; Eikosanoid dan steroid.
Standar Kompetensi : Mata kuliah ini membahas tentang struktur dan fungsi protein; enzim, koenzim dan inhibitor enzim; metabolisme karbohidrat; metabolisme lipid dan peran kolesterol; pentingnya energetika dalam proses metabolisme; fungsi vitamin dan peran hormon; membran biologi dan terjadinya penyakit.
Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Pembelajaran Materi Ajar Waktu Alat/Bahan/Sumber Belajar Penilaian
Mahasiswa dapat mengetahui ruang lingkup metabolisme mahluk hidup Mahasiswa dapat menjelas kan ruang lingkup mata kuliah biokimia Mengetahui :
a. Cakupan materi kuliah dalam 1 semester
b. Sasaran dan manfaat materi kuliah
c. Kontrak perkuliahan
d. Sejarah dan perkembang-
an biokimia
Pendahuluan
1 pertemuan Bahan perkuliahan dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh materi yang ada di sekitar
Aktifitas
Kedisiplinan
Komunikatif
Tugas pribadi
Tes akhir
Mahasiswa dapat mengetahui peranan air dalam metabolisme mahluk hidup Mahasiswa dapat menjelaskan sifat-sifat air, senyawa polar, semi polar dan senyawa non polar Peranan air dalam metabolisme mahluk hidup mempelajari dan mendiskusi-kan tentang :
a. Sifat fisik air
b. Sifat kimia air
c. Anomali air Peranan air dalam kehidupan
1 pertemuan Bahan perkuliahan dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh unsur yang ada di sekitar, tabel sistem periodik Aktifitas
Kedisiplinan
Komunikatif
Tugas pribadi
Tes akhir
Mahasiswa dapat mengetahui struktur, penggo-longan dan sifat-sifat kimia karbohidrat Mahasiswa da pat menjelaskan struktur, penggolongan dan sifat-sifat kimia karbohidrat Karbohidrat mempelajari dan
Mendiskusikan tentang :
a. Susunan kimia karbohidrat
b. Struktur karbohidrat
c. Penggolongan karbohidrat
d. Sifat-sifat kimia karbohidrat
d. Derivat karbohidrat Karbohidrat
1 pertemuan Bahan perkuliahan dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh konfigurasi elektron, tabel sistem periodik Aktifitas
Kedisiplinan
Komunikatif
Tugas pribadi
Tes akhir
Mahasiswa dapat mengetahui proses fotosintesis, glikolisis, siklus asam sitrat, respirasi, gikogenesis, glikogenolisis dan glukoneogenesis Mahasiswa dapat menjelaskan proses fotosintesis, glikolisis, siklus asam sitrat, respirasi, gikogenesis, glikogenolisis dan glukoneogenesis Mempelajari dan mendiskusikan tentang :
a. Proses fotosintesis
b. Proses glikolisis
c. Siklus asam sitrat
d. Proses respirasi sel
e. Proses glikogenesis
f. Proses glikogenolisis
g. Proses glukoneogenesis Metabolisme karbohidrat
1 pertemuan Bahan perkuliahan dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh konfigurasi elektron, tabel sistem periodik Aktifitas
Kedisiplinan
Komunikatif
Tugas pribadi
Tes akhir
Mahasiswa dapat mengetahui ruang lingkup pratikum biokimia Mahasiswa dapat mempraktekkan teori di dalam laboratorium Mengetahui ruang lingkup praktikum biokimia
Asistensi Pratikum 1
pertemuan Bahan perkuliahan dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik Aktifitas
Kedisiplinan
Komunikatif
Tugas pribadi
Tes akhir
Mahasiswa dapat mengetahui struktur, penggo-longan dan sifat-sifat kimia asam amino penyusun protein Mahasiswa da pat menjelaskan struktur, penggolongan dan sifat-sifat kimia asam amino penyusun protein Protein mempelajari dan
Mendiskusikan tentang :
a. Asam-asam amino
b. Struktur asam amino
c. Penggolongan asam amino
d. Ikatan peptida
e. Struktur protein
e. Derivat protein Protein 1 pertemuan Bahan perkuliahan dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, lembar jawaban Aktifitas
Kedisiplinan
Komunikatif
Tugas pribadi
Tes akhir
Mahasiswa dapat mengetahui penguraian protein dalam tubuh, asam amino dalam darah, siklus urea, metabolisme asam amino dan biosintesis protein Mahasiswa dapat menjelaskan penguraian protein dalam tubuh, asam amino dalam darah, siklus urea, metabolisme asam amino dan biosintesis protein Metabolisme protein mempelajari dan mendiskusi-kan tentang :
a. Penguraian protein
b. Penguraian asam amino
c. Silklus urea
d. Metabolisme asam amio
e. Biosintesis protein. Metabolisme protein
1 pertemuan
1 ujian tengah semester Tes tengah perkuliahan dan pekerjaan rumah
Mahasiswa dapat mengetahui pengertian dan penggolongan asam lemak, struktur, sifat kimia dan fisika asam lemak dan lemak, struktur dan sifat fosfolipid, sfingolipid dan steroid. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan penggolongan asam lemak, struktur, sifat kimia dan fisika asam lemak dan lemak, struktur dan sifat fosfolipid, sfingolipid dan steroid. Lemak/Lipid mempelajari dan mendiskusikan tentang :
a. Pengertian lemak/lipid
b. Penggolongan lemak/lipid
c. Struktur, sifat kimia dan sifat fisika lemak/lipid
d. Struktur dan sifat-sifat fosfolipid, sfingolipid
e. Struktur, sifat dan tata nama senyawa golongan steroid. Lemak/Lipid 1
pertemuan Bahan perkuliahan dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, lembar jawaban Aktifitas
Kedisiplinan
Komunikatif
Tugas pribadi
Tes akhir
Mahasiswa dapat mengetahui transport lemak, oksidasi asam lemak jenuh, oksidasi asam lemak tidak jenuh, biosintesis senyawa keton, asam lemak, trigliserida, fosfolipid dan kolesterol Mahasiswa dapat menjelaskan transport lemak, oksidasi asam lemak jenuh, oksidasi asam lemak tidak jenuh, biosintesis senyawa keton, asam lemak, trigliserida, fosfolipid dan kolesterol Metabolisme lemak/lipid mempelajari dan mendis-kusikan tentang :
a. Transport lemak
b. Oksidasi asam lemak jenuh
c. Oksidasi asam lemak tidak jenuh
d. Biosintesis senyawa keton
e. Biosintesis asam lemak
f. Biosintesis trigliserida
g. Biosintesis fosfolipid
Biosintesis kolesterol Metabolisme lemak/lipid
1
pertemuan Bahan perkuliahan dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, kalkulator Aktifitas
Kedisiplinan
Komunikatif
Tugas pribadi
Tes akhir
Mahasiswa dapat mengetahui pengertian asam nukleat, struktur nukleotida dan nukleosida, cara isolasi asam nukleat, struktur asam deoksiribo-nukleat dan asam ribonukleat Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian asam nukleat, struktur nukleotida dan nukleosida, cara isolasi asam nukleat, struktur asam deoksiribo-nukleat dan asam ribonukleat Asam nukleat mempelajari dan mendiskusikan tentang :
a. Pengertian asam nukleat
b. Struktur asam nukleat
c. Struktur asam nukleotida dan nukleosida
d. Cara isolasi asam nukleat
e. Struktur asam deoksiribo-nukleat.
Struktur asam ribonukleat Asam nukleat
1
pertemuan Bahan perkuliahan dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel Aktifitas
Kedisiplinan
Komunikatif
Tugas pribadi
Tes akhir
Mahasiswa dapat mengetahui pengertian enzim dan koenzim, struktur enzim, tata nama dan kekhasan enzim, fungsi dan cara kerja enzim, penggolongan enzim, faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim, koenzim Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian enzim dan koenzim, struktur enzim, tata nama dan kekhasan enzim, fungsi dan cara kerja enzim, penggolongan enzim, faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim, koenzim
Enzim dan koenzim mempe- lajari dan mendiskusikan tentang :
a. Pengertian enzim dan koenzim
b. Struktur enzim
c. Tata nama dan kekhasan enzim
d. Fungsi dan cara kerja enzim
e. Penggolongan enzim
f. Faktor-faktor yang mem-pengaruhi kerja enzim
g. Koenzim Enzim dan koenzim 1 pertemuan Bahan perkuliahan dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, Aktifitas
Kedisiplinan
Komunikatif
presentasi
Tes akhir smester
Mahasiswa dapat mengetahui pengertian vitamin dan mineral, fungsi vitamin dan mineral, penggolongan vitamin, gejala/ penyakit akibat kelebihan atau kekurangn vitamin dan mineral Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian vitamin dan mineral, fungsi vitamin dan mineral, penggolongan vitamin, gejala/ penyakit akibat kelebihan atau kekurangn vitamin dan mineral Vitamin dan mineral mempe-lajari dan mendiskusikan tentang :
a. Pengertian vitamin dan mineral.
b. Fungsi vitamin dan mineral
c. Penggolongan vitamin
d. Sumber vitamin dan mineral.
e. Gejala/penyakit akibat kelebihan dan kekurangan vitamin dan mineral Vitamin dan garam mineral 1 pertemuan Bahan perkuliahan dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, Aktifitas
Kedisiplinan
Komunikatif
presentasi
Seminar Tugas Mhs mampu menguraikan materi tugas didepan klas Bebas/ditentukan Belajar tugas mandiri 2 pertemuan Bahan perkuliahan dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, Aktifitas
Kedisiplinan
Komunikatif
presentasi
RANCANGAN TUGAS DAN EVALUASI
A. RANCANGAN TUGAS
1. Setiap mahasiswa (pribadi) mempersiapkan dan melengkapi catatan pribadi di buku fortofolio yang akan diperiksa pada ujian akhir semester.
2. Setiap mahasiswa mengerjakan tugas pribadi pada setiap pertemuan/ setiap topik yang dibahas dan ditulis di fortofolio.
3. Analisislah jurnal ilmiah (masing-masing) dan tuangkanlah dalam bentuk artikel dengan format artikel : judul, abstrak, keywords, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Daftar Pustaka (artikel dan paper diketik : TNR font 12 , A4, 1,5 spasi, margin 3,2,2,2)
4. Buatlah satu paper (kelompok) hasil critical book report (sesuai topik yang akan diberikan dikumpul pada pertemuan ke 5)
5. Buatlah satu paper (kelompok) hasil studi literatur/ mini riset (sesuai topik yang akan diberikan dikumpul dan dipresentasikan pada pertemuan ke 14, 15)
B. EVALUASI
Jenis penilaian Jenis penilaian adalah atas dasar PAP, dengan ketentuan rentang nilai akhir:
A : 80 keatas = Lulus
B : 70 – 79 = Lulus
C : 60 – 69 = Lulus
D : 50 – 59 = Tidak Lulus
E : < 49 = Tidak Lulus
Komponen Penilaian Nilai NF- 1 adalah hasil tugas pribadi
Nilai NF- 2 adalah hasil ujian MID Smester pada pertemuan ke 8
Nilai NF- 3 adalah hasil critical book report dan diskusi
Nilai NF-4 adalah hasil partisipasi kehadiran dan ujian akhir semester pada pertemuan ke 16
Nilai akhir adalah nilai rata-rata dari ke-empat nilai formatif
Proses penilaian Pemberian nilai hasil belajar dilakukan secara berkesinambungan.
Nilai akhir diberikan jika mahasiswa sudah memenuhi semua tagihan Kontrak Kuliah.
Pematang Siantar, Agustus 2017
Para Pihak yang bersepakat
Dosen ybs. Perwakilan Mahasiswa
Hamela Sari Sitompul, S.Pd., M.Pd ( )
SAP
(Satuan Acara Perkuliahan)
Program Studi : FARMASI
Kode Mata Kuliah : 263
Nama Mata Kuliah : Biokimia
Jumlah SKS : 2 (1 SKS Praktikum)
Semester : 1
Minggu Kompetensi Dasar Materi Ajar Aktivtas Waktu Alat/Bahan/Sumber Belajar
1 Mahasiswa dapat mengetahui ruang lingkup metabolisme mahluk hidup • Pendahuluan mencakup : Cakupan materi kuliah dalam 1 semester, sasaran dan manfaat materi kuliah serta kontrak perkuliahan
• Menjelaskan sejarah perkembangan biokimia Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab 100’ Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh materi yang ada di sekitar
2 Mahasiswa dapat mengetahui peranan air dalam metabolisme mahluk hidup Peranan air dalam kehidupan
a. Sifat fisik air
b. Sifat kimia air
Anomali air Ceramah, Tanya Jawab, penugasan 100’ Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh materi yang ada di sekitar
3 Mahasiswa dapat mengetahui struktur, penggo-longan dan sifat-sifat kimia karbohidrat Karbohidrat
a. Susunan kimia karbohidrat
b. Struktur karbohidrat
c. Penggolongan karbohidrat
d. Sifat-sifat kimia karbohidrat
e. Derivat karbohidrat Ceramah, Tanya Jawab, penugasan 100’ Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, Buku Kimia Dasar, internet,
tabel sistem periodik
4 Mahasiswa dapat mengetahui proses fotosintesis, glikolisis, siklus asam sitrat, respirasi, gikogenesis, glikogenolisis dan glukoneogenesis Metabolisme karbohidrat
a. Proses fotosintesis
b. Proses glikolisis
c. Siklus asam sitrat
d. Proses respirasi sel
e. Proses glikogenesis
f. Proses glikogenolisis
g. Proses glukoneogenesis Ceramah, Tanya Jawab, penugasan 100’ Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh konfigurasi elektron, tabel sistem periodik
5 Mahasiswa dapat mengetahui ruang lingkup pratikum biokimia Asistensi Pratikum Ceramah, Tanya Jawab, penugasan 50’ kuliah dan 50 menit pekerjaan rumah Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik
6 Mahasiswa dapat mengetahui struktur, penggo-longan dan sifat-sifat kimia asam amino penyusun protein Protein
a. Asam-asam amino
b. Struktur asam amino
c. Penggolongan asam amino
d. Ikatan peptida
e. Struktur protein
f. Derivat protein Ceramah, Tanya Jawab, penugasan 100’ Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, lembar jawaban
7 Mahasiswa dapat mengetahui penguraian protein dalam tubuh, asam amino dalam darah, siklus urea, metabolisme asam amino dan biosintesis protein Metabolisme protein
a. Penguraian protein
b. Penguraian asam amino
c. Silklus urea
d. Metabolisme asam amio
e. Biosintesis protein. Diskusi Kelompok (Presentasi) 100’ Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, lembar jawaban, alat-alat laboratorium
8 UTS
9 Mahasiswa dapat mengetahui pengertian dan penggolongan asam lemak, struktur, sifat kimia dan fisika asam lemak dan lemak, struktur dan sifat fosfolipid, sfingolipid dan steroid. Lemak/Lipid
a. Pengertian lemak/lipid
b. Penggolongan lemak/lipid
c. Struktur, sifat kimia dan sifat fisika lemak/lipid
d. Struktur dan sifat-sifat fosfolipid, sfingolipid
e. Struktur, sifat dan tata nama senyawa golongan steroid. Diskusi Kelompok (Presentasi) 100’ Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol
10 Mahasiswa dapat mengetahui transport lemak, oksidasi asam lemak jenuh, oksidasi asam lemak tidak jenuh, biosintesis senyawa keton, asam lemak, trigliserida, fosfolipid dan kolesterol Metabolisme lemak/lipid
a. Transport lemak
b. Oksidasi asam lemak jenuh
c. Oksidasi asam lemak tidak jenuh
d. Biosintesis senyawa keton
e. Biosintesis asam lemak
f. Biosintesis trigliserida
g. Biosintesis fosfolipid
h. Biosintesis kolesterol Diskusi Kelompok (Presentasi) 100’ Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol
11 Mahasiswa dapat mengetahui pengertian asam nukleat, struktur nukleotida dan nukleosida, cara isolasi asam nukleat, struktur asam deoksiribo-nukleat dan asam ribonukleat Asam nukleat
a. Pengertian asam nukleat
b. Struktur asam nukleat
c. Struktur asam nukleotida dan nukleosida
d. Cara isolasi asam nukleat
e. Struktur asam deoksiribo-nukleat.
f. Struktur asam ribonukleat Diskusi Kelompok (Presentasi) 100’ Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, kalkulator
12 Mahasiswa dapat mengetahui pengertian enzim dan koenzim, struktur enzim, tata nama dan kekhasan enzim, fungsi dan cara kerja enzim, penggolongan enzim, faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim, koenzim Enzim dan koenzim
a. Pengertian enzim dan koenzim
b. Struktur enzim
c. Tata nama dan kekhasan enzim
d. Fungsi dan cara kerja enzim
e. Penggolongan enzim
f. Faktor-faktor yang mem-pengaruhi kerja enzim
g. Koenzim Diskusi Kelompok (Presentasi) 100’ Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, kalkulator
13 Mahasiswa dapat mengetahui pengertian vitamin dan mineral, fungsi vitamin dan mineral, penggolongan vitamin, gejala/ penyakit akibat kelebihan atau kekurangn vitamin dan mineral Vitamin dan garam mineral
a. Pengertian vitamin dan mineral.
b. Fungsi vitamin dan mineral
c. Penggolongan vitamin
d. Sumber vitamin dan mineral.
e. Gejala/penyakit akibat kelebihan dan kekurangan vitamin dan mineral
Diskusi Kelompok (Presentasi) 100’ Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, kalkulator
14-15 Seminar Tugas Bebas/ditentukan Belajar tugas mandiri 100’ Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol
16 UAS
Pematang Siantar, Agustus 2017
Dosen Mata Kuliah
Hamela Sari Sitompul, S.Pd.,M.Pd
Komentar
Posting Komentar