RPP Hukum Dasar Kimia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas
Identitas Sekolah :
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas /Semester : X / 1
Materi
Pokok : 3.11 Hukum dasar kimia,Konsep Mol, massa
atom relatif dan persamaan reaksi
Alokasi Waktu : 9 x 45 Menit
A.
Kompetensi
Inti
KI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar (KD:
1.1 Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif
manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif)
dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam
sikap sehari-hari
3.11
Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum
dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia..
4.11 Mengolah dan menganalisis data terkait massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan
konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia
C.
Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator:
KD dari KI 1:
1.1 Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang
kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator:
·
Mengagungkan kebesaran
Tuhan YME
·
Menyadari bahwa
ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang terbaik bagi kita.
KD dari KI 2:
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis,
kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan
percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
Indikator:
·
Rasa ingin tahu
·
Jujur dalam menggunakan
data percobaan untuk membuktikan suatu hukum dasar kimia (menggunakan data apa
adanya dan hasilnya sesuai dengan data percobaan)
·
Teliti dalam mengolah
dan menganalisis data (melakukan pembuktian hukum dasar kimia secara runut dan
konsisten terhadap langkah-langkah serta kebenaran hasil)
·
Ulet dalam mencari
sumber pengetahuan yang mendukung penyelesaian masalah (dapat menyelesaikan
masalah secara runut di awal hingga akhir dengan langkah-langkah yang benar).
KD dari KI 3:
3.11 Menerapkan konsep massa
molekul relatif, persamaan reaksi, hukum hukum dasar
kimia, dan konsep
mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
Indikator:
·
Peserta didik dapat menjelaskan konsep massa atom relatif dan massa
molekul relatif
·
Peserta didik dapat
menghitung Mr suatu molekul senyawa
·
Peserta didik dapat
menyetarakan persamaan reaksi sederhana
·
Peserta didik dapat
menganalisa data untuk membuktikan hukum Proust dan Dalton
·
Peserta didik dapat
menganalisis hasil kajian untuk menyimpulkan hukum Gay Lussac dan hipotesis Avogadro
KD dari KI 4:
4.11Mengolah dan
menganalisis data terkait massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum
dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
Indikator:
·
Peserta didik melakukan
percobaan analogi menentukan Ar
·
Peserta didik melakukan percobaan membuktikan
hukum kekekalan massa (Lavoisier)
·
Peserta didik mengolah
dan menganalisis data hasil percobaan
·
Peserta didik
menyajikan laporan hasil percobaan
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menemukan konsep menentukan Ar dan Mr
melalui kegiatan analogi
2.
Peserta didik dapat
menentukan Mr suatu zat
3.
Peserta didik dapat
menyetarakan persamaan reaksi
4.
Peserta didik dapat
menemukan konsep hukum Lavoisier ( membuktikan hukum kekalan massa )
5.
Peserta didik dapat
menentukan kadar zat yang terkandung dalam suatu senyawa berdasrkan huku Proust
6.
Peserta didik dapat
menemukan konsep hukum perbandingan berganda
7.
Peserta didik dapat
menemukan konsep hukum perbandingan volume
8.
Peserta didik dapat
menemukan konsep hipotesis Avogadro
E.
Materi Pembelajaran
Fakta
·
Atom
·
Massa zat
·
Reaksi kimia
Konsep
· Massa
atom relatif (Ar) dan Massa molekul relatif (Mr)
· Persamaan
reaksiKonsep Mol
- massa
molar
- volume
molar gas
- Rumus
empiris dan rumus molekul.
- Senyawa
hidrat.
- Kadar
zat (persentase massa, persentase volume, bagian per Juta atau part per
million, molaritas, molalitas, fraksi mol).
· Perhitungan
kimia
- Hubungan antara jumlah mol, partikel,
massa dan volume gas dalam persamaan reaksi.
- Pereaksi pembatas
Prinsip
· Hukum
dasar kimia
- hukum Lavoisier
- hukum Proust
- hukum Dalton
- hukum Gay
Lussac
- hukum Avogadro
Prosedur
·
Percobaan
untuk membuktikan hukum Lavoisier
v Langkah-langkah
perhitungan kimia
v Massa atom relatif (Ar) dan Massa molekul relatif (Mr)
v Persamaan reaksi
v Hukum
dasar kimia
- hukum Lavoisier
- hukum Proust
- hukum Dalton
- hukum Gay
Lussac
- hukum Avogadro
v Konsep
Mol
-
massa molar
-
volume molar gas
v Rumus
empiris dan rumus molekul.
v Senyawa
hidrat.
v Kadar zat (persentase massa, persentase
volume, bagian per juta
atau part per million, molaritas, molalitas, fraksi mol).
hh
v Perhitungan
kimia hubungan antara jumlah mol, partikel,
massa dan volume gas
dalam persamaan reaksi.
v pereaksi pembatas
F.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific
Model
: discovery learning dan Problem Base
Learning
Strategi
: Kolaboratif & Kooperatif
Metode
: Pengamatan,diskusi tanya jawab dan eksperimen
G.
Media , Alat dan Sumber belajar
1. Media
Lembar kerja
2.
Alat dan Bahan
a)
Alat :
1)
Tabung Y
2)
Timbangan
b)
Bahan :
1)
Larutan Timbal
(II) ntrat
2)
Kalium Nitrat
3.
Sumber Belajar :
a)
Sri Rahayu ningsih, Tine Maria Kuswati,Elly
Marwati, Sukarjo , Kimia SMA/MA kelas X, Bumi Aksara
c)
Buku kumpulan
soal Ganesha Operation
G. KegiatanPembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mempersiapkan peserta didik
secara fisik dan mental untuk memulai pelajaran kimia
-
Guru mengingatkan kembali peserta
didik tentang tata nama kimia sebagai syarat untuk mempelajari persamaan
reaksi
-
Guru membagi peserta didik dalam
beberapa kelompok dengan peserta didik yang heterogen
-
Guru menekankan pentingnya bekerja
dalam tim, saling berdiskusi, menghargai pendapat dan saling respect dalam
proses pembelajaran
-
Guru menjelaskan tujuan dan
manfaat pembelajaran massa atom relatif, massa molekul ralatif dan persamaan
reaksi
|
15’
|
Inti
|
Mengamati :
1. Dengan
melihat tabel periodik unsur guru
memotivasi peserta didik
untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan lambang unsur dan Ar unsur suatu atom
2. Pada kegiatan ini guru meminta peserta didik
mengamati reaksi kimia yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari,
misalnya perkaratan besi,Peserta didik mengamati reaksi
kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya perkaratan besi.
3. Pada kegiatan ini guru meminta peserta didik membaca
artikel tentang massa atom relatif, massa molekul relatif dan persamaan
reaksi. Peserta didik membaca
artikel tentang massa atom relatif, massa molekul relatif dan persamaan
reaksi
Menanya :
Dengan
melihat tabel periodik unsur guru
memotivasi peserta didik
untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan lambang unsur dan Ar unsur suatu atom.
Mengumpulkan informasi :
Membaca berbagai sumber terkait tentang massa atom relatif, massa
molekul relatif dan persamaan reaksi
Mengasosiasikan :
1. Peserta didik berlatih
menghitung massa atom relatif dan
massa molekul relatif
2. Peserta didik berlatih
menyetarakan persamaan reaksi
Mengkomunikasikan :
1.
Peserta
didik menyajikan penyelesaian penentuan massa atom relatif dan massa molekul
relatif serta persamaan reaksi
2.
Guru bersama dengan peserta didik melakukan
diskusi untuk mengolah informasi dari membaca sumber sumber tentang persamaan
reaksi
|
105’
|
Penutup
|
-
Guru melakukan
refleksi seluruh kegiatan pembelajaran atau post test
-
Guru menugaskan
peserta didik mengerjakan tantang hal 192 dan 194 buku peserta didik
-
Guru menyampaikan
materi untuk pertemuan berikutnya tentang hukum dasar kimia ( hukum Lavoisier
dan hukum Proust) dan meminta peseta didik membacanya.
|
15’
|
Pertemuan II
Materi pembelajaran hukum kekekalan kimia dan hukum proust
TAHAPPEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
1. Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)
|
-
Pada tahap ini peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik hukum kekekalan massa (Lavoisier) dan hukum
perbandingan tetap ( hukum Proust).
-
Guru mengingatkan pentingnya persamaan reaksi untuk
mempelajari hukum kekekalan kimia
-
Guru membagi kelompok yang heterogen
-
Guru menyampaikan pentingnya kerja sama dalam
kelompok
|
15’
|
Inti
1. Problem
statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
2. Data
collection (pengumpulan data)
3. Data processing (pengolahan Data)
4. Verification (pembuktian)
|
-
Guru memberikan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin masalah yang berkaitan dengan hukum kekalan massa dan hukum
perbandingan tetap sampai peserta didik menyimpulkan pertanyaan yang harus
dijawab pada kegiatan belajar.
-
Peserta didik mendiskusikan hasil percobaan dan pengamatan dan mengumpulkan pertanyaan
pertanyaan seperti ;
a) Mengapa pada daerah yang berbeda perbandingan massa
unsur unsur dalam suatu senyawa sama
b) Mengapa massa unsur unsur sebelum reaksi sama dengan
sesudah reaksi
a. Melakukan
percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier.
b. Mengamati
dan mencatat data hasil
percobaan hukum Lavoisier.
Menganalisis data untuk
membuktikan hukum Lavoisier
Menyajikan hasil percobaan untuk
membuktikan hukum Lavoisier
|
105’
|
Penutup
5. Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
|
Mempresentasikan hasil
kajian tentang hukum
Proust
Guru memberikan tugas
membuat laporan praktikum
Guru menyampaikan materi untuk
pertemuan berikutnya tentang hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hipotesis
Avogadro
|
15’
|
Pertemuan
III
Materi pembelajaran : Hukum Perbandingan berganda(Dalton), Hukum
Perbandingan volume (Gay Lussac), dan Hipotesis Avogadro
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mempersiapkan peserta didik
secara fisik dan mental untuk memulai pelajaran kimia
-
Guru menekankan pentingnya bekerja
dalam tim, saling berdiskusi, menghargai pendapat dan saling respect selama proses
pembelajaran berlangsung.
-
Guru membagi peserta didik dalam
beberapa kelompok dengan peserta didik yang heterogen
-
Guru menjelaskan tujuan dan
manfaat pembelajaran Hukum dasar kimia khususnya
mengenai Hukum Dalton, Gay-Lussac dan Avogadro
|
15’
|
Inti
|
-
Guru mengingatkan kembali peserta
didik tentang Hukum Proust yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan membandingkannya
dengan Hukum Dalton
-
Guru mengorientasi peserta
didik untuk menemukan masalah-masalah di dalam hukum dasar kimia dengan
meminta peserta didik untuk mengamati data percobaan Hukum Gay Lussac dan
Hipotesis Avogadro yang terdapat pada buku peserta didik
-
Guru melakukan organisasi
kegiatan pembelajaran dengan meminta peserta didik untuk menggali informasi
mengenai Hukum Dalton, Hukum Proust dan Avogadro melalui diskusi kelompok
-
Guru memberikan data hasil
eksperimen tentang Hukum Boyle - Gay Lussac dan hipotesis avogadro untuk
mengenalkan hubungan antara tekanan, suhu dan volume
-
Guru membimbing peserta
didik dalam mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan Hukum Dalton, Hukum
Gay Lussac dan Hipotesis Avogadro
-
Guru memotivasi peserta
didik untuk menanyakan hal-hal yang tidak atau kurang dipahami dari
pengamatan ataupun soal-soal yang telah didiskusikan
-
Guru membantu peserta didik
mengambil kesimpulan tentang Hukum
Dalton, Gay-Lussac dan Avogadro. Peserta didik diminta untuk membuat
catatan (dapat berbentuk tabel, deskripsi, gambar )yang mudah di pahami oleh
masing masing peserta didik.
|
105’
|
Penutup
|
-
Guru memberikan tugas rumah
tentang Hukum Dalton, gay-Lussac dan hipotesis avogadro
-
Guru mengevaluasi peserta
didik baik secara individual maupun
kelompok dengan meminta peserta didik mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
|
15’
|
H. Penilaian
Hasil Belajar
No.
|
Aspek
|
Mekanisme
dan Prosedur
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi Kerja
Kelompok
-
Jurnal
|
- Rubrik observasi
-
Rubrik Penilaian diri
-
Rubrik Penilaian antar teman
-
Rubrik jurnal
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Penugasan
-
Tes Tertulis
|
-
Soal Penugasan
-
Soal Objektif
-
Soal uraian
|
|
3.
|
Ketrampilan
|
-
Test praktek
-
Proyek
-
Laporan Praktikum
|
-
Kinerja Presentasi
-
Rubrik Penilaian
|
|
I. Instrumen
Hasil Belajar (terlampir)
Lubuk
Pakam, 2 oktober 2014
Kelompok
B
Lampiran
I
Komentar
Posting Komentar