RPP Hukum Dasar Kimia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas
Identitas Sekolah           :
Mata Pelajaran               : Kimia
Kelas /Semester             : X / 1
Materi Pokok              :   3.11 Hukum dasar kimia,Konsep Mol, massa atom relatif dan persamaan reaksi
Alokasi Waktu               : 9  x 45 Menit

A.              Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
           KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.            Kompetensi Dasar (KD:
1.1     Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari
3.11   Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia..
4.11   Mengolah dan menganalisis data terkait massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia

C.           Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator:
KD dari KI 1:
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud     kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.



Indikator:
·         Mengagungkan kebesaran Tuhan YME
·         Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang terbaik bagi kita.

KD dari KI 2:
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

Indikator:
·         Rasa ingin tahu
·         Jujur dalam menggunakan data percobaan untuk membuktikan suatu hukum dasar kimia (menggunakan data apa adanya dan hasilnya sesuai dengan data percobaan)
·         Teliti dalam mengolah dan menganalisis data (melakukan pembuktian hukum dasar kimia secara runut dan konsisten terhadap langkah-langkah serta kebenaran hasil)
·         Ulet dalam mencari sumber pengetahuan yang mendukung penyelesaian masalah (dapat menyelesaikan masalah secara runut di awal hingga akhir dengan langkah-langkah yang benar).

KD dari KI 3:
3.11 Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum hukum dasar
        kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
Indikator:
·         Peserta didik dapat menjelaskan konsep massa atom relatif dan massa molekul relatif
·         Peserta didik dapat menghitung Mr suatu molekul senyawa
·         Peserta didik dapat menyetarakan persamaan reaksi sederhana
·         Peserta didik dapat menganalisa data untuk membuktikan hukum Proust dan Dalton
·         Peserta didik dapat menganalisis hasil kajian untuk menyimpulkan hukum  Gay Lussac dan hipotesis Avogadro

KD dari KI 4:
4.11Mengolah dan menganalisis data terkait massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
Indikator:
·         Peserta didik melakukan percobaan analogi menentukan Ar
·          Peserta didik melakukan percobaan membuktikan hukum kekekalan massa (Lavoisier)
·         Peserta didik mengolah dan menganalisis data hasil percobaan
·         Peserta didik menyajikan laporan hasil percobaan

D.           Tujuan Pembelajaran
1.        Peserta didik  dapat menemukan konsep menentukan Ar dan Mr melalui kegiatan analogi
2.        Peserta didik dapat menentukan Mr suatu zat
3.        Peserta didik dapat menyetarakan persamaan reaksi
4.        Peserta didik dapat menemukan konsep hukum Lavoisier ( membuktikan hukum kekalan massa )
5.        Peserta didik dapat menentukan kadar zat yang terkandung dalam suatu senyawa berdasrkan huku Proust
6.        Peserta didik dapat menemukan konsep hukum perbandingan berganda
7.        Peserta didik dapat menemukan konsep hukum perbandingan volume
8.        Peserta didik dapat menemukan konsep hipotesis Avogadro

E.            Materi Pembelajaran
Fakta
·      Atom
·      Massa zat
·      Reaksi kimia

Konsep
·      Massa atom relatif (Ar) dan Massa molekul relatif (Mr)
·      Persamaan reaksiKonsep Mol
-       massa molar
-       volume molar gas
-       Rumus empiris  dan rumus molekul.
-       Senyawa hidrat.
-       Kadar zat (persentase massa, persentase volume, bagian per Juta atau part per million, molaritas, molalitas, fraksi mol).
·      Perhitungan kimia
-       Hubungan antara jumlah mol, partikel, massa dan volume gas dalam persamaan reaksi.
-       Pereaksi pembatas

Prinsip
·      Hukum dasar kimia
-  hukum Lavoisier
-  hukum Proust
-  hukum Dalton
-  hukum Gay   Lussac
-  hukum Avogadro

Prosedur
·      Percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier
v  Langkah-langkah perhitungan kimia
v  Massa atom relatif (Ar) dan Massa molekul relatif (Mr)
v  Persamaan reaksi
v  Hukum dasar kimia
-  hukum Lavoisier
-  hukum Proust
-  hukum Dalton
-  hukum Gay 
   Lussac
-  hukum Avogadro
v Konsep Mol
-     massa molar
-     volume molar gas
v Rumus empiris dan rumus molekul.
v Senyawa hidrat.
v  Kadar zat (persentase massa, persentase volume, bagian per juta atau part per million, molaritas, molalitas, fraksi mol).
hh
v Perhitungan kimia  hubungan antara jumlah mol, partikel, massa dan volume gas
 dalam persamaan reaksi.
v pereaksi pembatas

F.            Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model :  discovery learning dan Problem Base Learning
Strategi : Kolaboratif & Kooperatif
Metode : Pengamatan,diskusi tanya jawab dan eksperimen

G.           Media , Alat dan Sumber belajar
1.      Media
Lembar kerja
2.      Alat dan Bahan
a)      Alat :  
1)         Tabung Y
2)         Timbangan
b)      Bahan :
1)      Larutan Timbal (II) ntrat
2)      Kalium Nitrat
3.      Sumber Belajar :
a)         Sri Rahayu ningsih, Tine Maria Kuswati,Elly Marwati, Sukarjo , Kimia SMA/MA kelas X, Bumi Aksara
b)        Internet :     http://e-dukasi.net
c)        Buku kumpulan soal Ganesha Operation

G.  KegiatanPembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
-       Guru mempersiapkan peserta didik secara fisik dan mental untuk memulai pelajaran kimia
-       Guru mengingatkan kembali peserta didik tentang tata nama kimia sebagai syarat untuk mempelajari persamaan reaksi
-       Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok dengan peserta didik yang heterogen
-       Guru menekankan pentingnya bekerja dalam tim, saling berdiskusi, menghargai pendapat dan saling respect dalam proses pembelajaran
-       Guru menjelaskan tujuan dan manfaat pembelajaran massa atom relatif, massa molekul ralatif dan persamaan reaksi
        15
Inti
Mengamati  :
 1. Dengan  melihat tabel periodik unsur guru memotivasi  peserta didik  untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan  lambang unsur dan Ar unsur suatu atom
2.    Pada kegiatan ini guru meminta peserta didik mengamati reaksi kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya perkaratan besi,Peserta didik mengamati reaksi kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya perkaratan besi.
3.    Pada kegiatan ini guru meminta peserta didik membaca artikel tentang massa atom relatif, massa molekul relatif dan persamaan reaksi. Peserta didik membaca artikel tentang massa atom relatif, massa molekul relatif dan persamaan reaksi
Menanya :
Dengan  melihat tabel periodik unsur guru memotivasi  peserta didik  untuk mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan  lambang unsur dan Ar unsur suatu atom.
Mengumpulkan informasi :
 Membaca berbagai sumber terkait tentang massa atom relatif, massa molekul relatif dan persamaan reaksi
Mengasosiasikan :
1.      Peserta didik berlatih menghitung massa atom relatif dan  massa molekul relatif
2.      Peserta didik berlatih menyetarakan persamaan reaksi
Mengkomunikasikan :
1.         Peserta didik menyajikan penyelesaian penentuan  massa atom relatif dan massa molekul relatif serta persamaan reaksi
2.         Guru bersama dengan peserta didik melakukan diskusi untuk mengolah informasi dari membaca sumber sumber tentang persamaan reaksi

105
Penutup
-        Guru melakukan refleksi seluruh kegiatan pembelajaran atau post test
-        Guru menugaskan peserta didik mengerjakan tantang hal 192 dan 194 buku peserta didik
-        Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya tentang hukum dasar kimia ( hukum Lavoisier dan hukum Proust) dan meminta peseta didik membacanya.

 15

Pertemuan II
Materi pembelajaran hukum kekekalan kimia dan hukum proust
TAHAPPEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
Pendahuluan
1. Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)
-       Pada tahap ini peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik hukum kekekalan massa (Lavoisier) dan hukum perbandingan tetap ( hukum Proust).
-       Guru mengingatkan pentingnya persamaan reaksi untuk mempelajari hukum kekekalan kimia
-       Guru membagi kelompok yang heterogen
-       Guru menyampaikan pentingnya kerja sama dalam kelompok
     15’
Inti
1.  Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)






2.  Data collection (pengumpulan data)












3.  Data processing (pengolahan Data)



4.  Verification (pembuktian)
-       Guru memberikan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan hukum kekalan massa dan hukum perbandingan tetap sampai peserta didik menyimpulkan pertanyaan yang harus dijawab pada kegiatan belajar.

-       Peserta didik mendiskusikan hasil percobaan  dan pengamatan dan mengumpulkan pertanyaan pertanyaan seperti ;
a)      Mengapa pada daerah yang berbeda perbandingan massa unsur unsur dalam suatu senyawa sama
b)      Mengapa massa unsur unsur sebelum reaksi sama dengan sesudah reaksi

a.   Melakukan percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier.
b.      Mengamati dan mencatat data hasil percobaan hukum Lavoisier.
Menganalisis data untuk membuktikan  hukum Lavoisier
Menyajikan hasil percobaan  untuk membuktikan hukum Lavoisier
   105’

Penutup
5.  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

Mempresentasikan hasil kajian tentang hukum Proust
Guru memberikan tugas membuat laporan praktikum
Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya tentang hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hipotesis Avogadro
    15’

Pertemuan III
Materi pembelajaran : Hukum Perbandingan berganda(Dalton), Hukum Perbandingan volume (Gay Lussac), dan Hipotesis Avogadro
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
-       Guru mempersiapkan peserta didik secara fisik dan mental untuk memulai pelajaran kimia
-       Guru menekankan pentingnya bekerja dalam tim, saling berdiskusi, menghargai pendapat dan saling respect selama  proses pembelajaran berlangsung.
-       Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok dengan peserta didik yang heterogen
-       Guru menjelaskan tujuan dan manfaat pembelajaran Hukum dasar kimia khususnya mengenai Hukum Dalton, Gay-Lussac dan Avogadro
         15’
Inti
-       Guru mengingatkan kembali peserta didik tentang Hukum Proust yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan membandingkannya dengan Hukum Dalton
-       Guru mengorientasi peserta didik untuk menemukan masalah-masalah di dalam hukum dasar kimia dengan meminta peserta didik untuk mengamati data percobaan Hukum Gay Lussac dan Hipotesis Avogadro yang terdapat pada buku peserta didik
-       Guru melakukan organisasi kegiatan pembelajaran dengan meminta peserta didik untuk menggali informasi mengenai Hukum Dalton, Hukum Proust dan Avogadro melalui diskusi kelompok
-       Guru memberikan data hasil eksperimen tentang Hukum Boyle - Gay Lussac dan hipotesis avogadro untuk mengenalkan hubungan antara tekanan, suhu dan volume
-       Guru membimbing peserta didik dalam mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan Hukum Dalton, Hukum Gay Lussac dan Hipotesis Avogadro
-       Guru memotivasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang tidak atau kurang dipahami dari pengamatan ataupun soal-soal yang telah didiskusikan
-       Guru membantu peserta didik mengambil kesimpulan tentang Hukum  Dalton, Gay-Lussac dan Avogadro. Peserta didik diminta untuk membuat catatan (dapat berbentuk tabel, deskripsi, gambar )yang mudah di pahami oleh masing masing peserta didik.
       105’
Penutup
-       Guru memberikan tugas rumah tentang Hukum Dalton, gay-Lussac dan hipotesis avogadro
-       Guru mengevaluasi peserta didik  baik secara individual maupun kelompok dengan meminta peserta didik mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
      15’

H.  Penilaian Hasil Belajar
   No.
          Aspek
Mekanisme dan Prosedur
Instrumen
Keterangan
     1.
Sikap
-          Observasi Kerja Kelompok
-          Jurnal
-      Rubrik observasi
-           Rubrik Penilaian diri
-           Rubrik Penilaian antar teman
-          Rubrik jurnal

     2.
Pengetahuan
-          Penugasan
-          Tes Tertulis
-          Soal Penugasan
-          Soal Objektif
-          Soal uraian

         3.
Ketrampilan
-          Test praktek
-          Proyek
-          Laporan Praktikum
-          Kinerja Presentasi
-          Rubrik Penilaian


I.   Instrumen Hasil Belajar (terlampir)
Lubuk Pakam, 2 oktober 2014
Kelompok B
Lampiran I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Mengelola Laboratorium Kimia

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA